Kamis, 28 Oktober 2010

Selamat hari sumpah pemuda!!

Satu nusa..
Satu bangsa..
Satu bahasa kita..
Tanah air pasti jaya..
Untuk slama-lamanya..


Hari ini adalah hari peringatan sumpah pemuda. Gak ada perayaan besar yang terjadi sama aku di hari ini. Namun, di beberapa lokasi aku lihat ada yang menyelenggarakan upacara untuk memperingati hari ini. Bagus deh :)

Walaupun aku tidak merayakannya, tapi dengan mengingatnya setiap tahun dan memaknai sumpah pemuda ini di dalam hati saja menurut aku cukup. Eh, nggak cukup. Harus ada tindakan nyata dari aku sebagai pemudi Indonesia. Mungkin yang aku lakukan sekarang bukanlah suatu hal yang besar, tapi aku yakin kalau dari sekarang makna sumpah pemuda sudah mulai difikirkan dan dihayati maka ke depannya aku bisa berbuat sesuatu untuk negeri ini. Amin.

Kalau menurut aku ya, saat ini rasa cinta warga Indonesia, terutama pemudanya, terhadap bangsanya semakin meningkat loh. Terlihat dari semakin banyaknya anak muda yang pakai batik, lalu ada Panji yang bikin provocative proactive, terus ada baju-baju I heart RI yang dibuat sama Hiduplahindonesiaraya.com, and so on. Lalu, banyak juga anak muda yang peduli sama bencana yang baru-baru ini terjadi di Indonesia. Kepedulian mereka dengan menuliskan #prayforindonesia bahkan sempat jadi trending topic di twitter. Walaupun hash tag itu cuma berupa tulisan, dan bukan tindakan, setidaknya itu menunjukkan kalau mereka masih perhatian sama Indonesia.

Zaman sekarang ini, zaman di mana pemuda Indonesia sudah lebih maju dari zaman 45, tentunya membutuhkan suatu tindakan yang berbeda dalam memajukan bangsa ini. Cara yang ditempuh juga bisa beragam karena banyaknya akses yang bisa ditempuh pemuda Indonesia sekarang. Mungkin bisa dari segi pendidikan, penelitian, fashion, perdagangan, gerakan kemanusiaan, lingkungan, politik, dan pemerintahan. Deep down inside my heart, I'm sure this country will be one of the strongest country in the world.

1 komentar: