Senin, 16 April 2012

Dirgahayu Kopassus!

Haaaiii...

Udah lama buanget ga nulis, sekalinya nulis tentang Kopassus. Hehehee. Mungkin kebetulan aja karena aku lagi mau menulis sesuatu dan tepat hari ini, tanggal 16 April 2012, adalah ulang tahun Kopassus yang ke 66. Dirgahayu Kopassus!

Ngomongin Kopassus, aku jadi teringat akan sebuah buku yang bercerita mengenai prajurit para komando. Bukunya berjudul "Sintong Panjaitan: Perjalanan Seorang Prajurit Para Komando". Ini dia bukunya:



Aku pertama kali baca buku ini sekitar setahun yang lalu saat lagi mengerjakan skripsi. Believe it or not, buku ini mampu menyegarkan fikiran ku dari tetek bengek skripsi dan menumbuhkan semangat tersendiri buat aku. IMHO, this book is worth to read!

Aku mau 'membeberkan' beberapa alasan kenapa buku yang ditulis oleh seorang wartawan bernama Hendro Subroto ini layak banget untuk dibaca.

Pertama, buku ini kayak buku cerita. Alurnya sangat mudah diikuti dan ada beberapa konflik di dalamnya jadi seru dan ada endingnya. Beberapa kejadian yang ditulis juga merupakan peristiwa - peristiwa penting dalam sejarah Indonesia, misalnya ada penemuan sumur di lubang buaya saat kejadian G 30 SPKI, penemuan area X di Papua, pembajakan pesawat Garuda di Thailand yang menjadi cikal bakal terbentuknya Satgultor Kopassus, dan penanganan kasus di Timor Timur. Di buku itu diceritain cukup detail tentang kejadian-kejadian tersebut, walaupun sudah berlangsung sebelum aku lahir tapi aku masih bisa mengikutinya. Mungkin karena ada faktor ketertarikan dari aku juga kali yaa untuk membaca buku tentang militer.

Kedua, buku ini tidak ditulis oleh Pak Sintong. Menurut aku ini menarik karena kisahnya bukan hanya dari sudut pandang Pak Sintong sendiri, bahkan ada juga pendapat dari beberapa anggota TNI yang dimasukkan ke dalam cerita suatu peristiwa.

Ketiga, buku seperti ini adalah buku militer yang ingin ku baca dari dulu. Ada alurnya, ada konflik di dalamnya, ada cerita mengenai pihak lain (keluarga), ada sejarahnya, dan ada paparan tentang senjata juga. FYI, di buku ini ada informasi mengenai asal nama "Papua", penjelasan tentang beberapa senjata, dan juga mmm.. apa ya semacam SOP dalam gerak gerik militer. Entahlah apa namanya.

Buku ini bagus banget untuk bacaan bagi orang awam yang gak segitu tahunya tentang dunia militer. Aku juga mau kok baca buku ini lagi, tapi sayang kemarin kan bacanya buku hasil pinjeman jadi agak sulit deh, mmmmmm.. kalo ada yang mau ngasi kado buku ini untuk aku boleh banget looohhh. Hahahaa.

Semua yang tertulis di sini adalah murni pendapatku ,pro kontra yang terjadi setelah atau selama pembuatan buku itu aku tak tahu menahu. I just wanna enjoy the book, adios! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar