Minggu, 28 Oktober 2012

Sumpah Pemuda 2012

Sumpah pemuda tahun 2012 ini sepi. Perayaan di TV juga sepi. Ga Asjik.
Aku jadi inget pas ada sumpah pemuda tahun 2008.

Saat itu aku masih semester satu di kampus jaket kuning. Aku dan teman-teman lainnya diundang untuk mengikuti acara sumpah pemuda yang ditayangkan langsung di beberapa stasiun TV nasional. Acaranya dilaksanakan di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta. Ada banyak banget pertunjukan menarik di sana: tarian tradisional, penyanyi-penyanyi tenar, atraksi TNI, marching band dari taruna, dan baanyak lainnya. Bahkan presiden dan jajarannya juga hadir di sana.

Bukan, bukan perayaan heboh seperti itu yang aku mau, tapi prosesi mengenang makna sumpah pemuda.
Kalau kita bertanah air, berbangsa, dan berbahasa satu: Indonesia.
Bahwa perbedaan yang ada itu memperkaya kita bukan memperkeruh.
Bahwa perbedaan itu justru bisa menyatukan bukan saling menyakitkan.

Aku jadi ingat "jas merah". Jangan sekali-kali melupakan sejarah.

Bangun pemudi pemuda Indonesia
Lengan baju mu singsingkan untuk negara
Masa yang akan datang, kewajiban mu lah
Menjadi tanggungan terhadap nusa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar